Cara Merawat Baterai Drone yang Baik

Cara Merawat Baterai Drone

Cara Merawat Baterai Drone – Drone biasanya menggunakan baterai jenis Lipo. Baterai drone jenis ini dikenal punya banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya. Kendati durabilitas baterai Lipo lebih unggul daripada baterai polimer, baterai Lipo juga perlu dilakukan sejumlah perawatan.

Cara merawat baterai drone jenis Lipo sebetulnya tidak terlalu sulit dengan perawatan baterai lainnya. Perawatan baterai Lipo cukup mudah untuk dilakukan. Nah bagi kalian yang saat ini sedang ada rencana merawat baterai drone berikut ini kami paparkan artikel bagaimana cara merawat baterai drone yang baik.

Kembalikan Keawetan Baterai Drone dengan Melalui Kaliberasi

Baterai drone kadang mengalami drop dan tak bisa bertahan awet dalam waktu yang lama. Keawetan baterai pada drone hanya beberapa menitan saja. Kondisi yang demikian membuat daya terbang drone tidak selama saat membeli drone pada saat awal-awal drone diterbangkan.

Untuk mengantisipasi hal yang demikian maka baterai drone harus dikaliberasi. Cara mengkaliberasi baterai drone cukup mudah. Kalian tinggal charge saja baterai drone itu hingga penuh. Setelah baterai drone penuh, biarkan saja baterai drone itu di lepas atau tidak dipake sama sekali sampai habis. Setelah baterai drone Lipo telah habis berikutnya bisa di-charge secara biasa lalu digunakan lagi sebagaimana fungsi biasanya.

Jangan Men-Charge Baterai Drone Pada Tegangan Arus Listrik yang Tidak Setabil

Untuk menghindari kerusakan pada baterai Lipo, Anda harus menghindari men-charge baterai drone pada tegangan listrik yang tidak setabil. Contoh tegangan listrik yang tidak setabil misalnya arus listrik dari bus. Sebaiknya kalian hindari saja men-charge baterai drone pada tegangan listrik tidak setabil yang seperti itu.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, baterai Lipo memiliki jangkauan tegangan kimia sangat tinggi sehingga sering tidak stabil. Tapi ketika baterai itu disimpan pada Lipo Safe Bag maka baterai Lipo-nya akan jauh lebih aman. Ada beberapa tips terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari siklus hidup Lipo Anda.

Anda harus selalu menjaga baterai di 3.8V per sel (biaya 40% sampai 50%). Inilah sebabnya mengapa setiap kali Anda beli baterai arus baterai yang tersedia hanya 50 persen saja. Jika Anda terbang secara teratur (setiap beberapa hari) itu tidak terlalu penting, karena tidak akan memiliki efek yang nyata jika dibiarkan terisi penuh selama beberapa hari, tetapi jika toko selama seminggu atau sehingga kalian harus memastikan itu adalah sekitar biaya dari 50%. Selalu simpan baterai di tempat yang tahan terhadap api. Kalian dapat dengan bebas menggunakan Safe Lipo Bag yang aman dan terbuat dari bahan tahan api. Pastikan baterai disimpan pada suhu kamar yang setabil.

Simpanlah Selalu Baterai di Tempat yang Kering

Simpan baterai di tempat kering yang sejuk pada suhu kamar antara 22 derajat Celcius sampai 28 derajat Celcius. Jangan menyimpan baterai di tempat-tempat dengan suhu panas (seperti di dalam mobil) karena suhu panas membuat baterai cepat rusak dan akan merusak struktur utama pada sel baterai.

Ganti Baterai Jika Sudah Di-charge Lebih Dari 200 Kali

Baterai Dji juga memiliki usia, ketika kita merasa sudah melakukan pengecasan lebih dari 200 kali, lebih baik kita ganti dengan baterai baru saja. Apalagi penggantian baterai ini sangat penting sekali kita lakukan bagi kita untuk menjaga drone agar selalu aman ketika diterbangkan.

Jangan Lakukan Pengisian Baterai Dalam Kondisi Panas

Jangan pernah melakukan pengisian baterai ketika baterai tersebut dalam kondisi panas. Jika kita masih dipaksa untuk mengisi baterai dalam kondisi panas, maka berpotensi besar menyebabkan baterai tersebut menjadi kembung dan kemungkinan tinggi akan meledak.

Isilah Sampai Penuh Baterai Tersebut Sebelum Terbang

Kadang-kadang kebanyakan orang tidak bisa menunggu sampai baterai drone terisi penuh. Terutama ketika terburu-buru atau lupa untuk mengisi ketika akan terbang di atas ketinggian. Hal ini dapat membahayakan keselamatan drone sendiri. Baterai drone memang kadang diisi dengan presentase kurang dari 100 persen, melakukan pengisian baterai dengan isian yang semacam itu jelas sangat membahayakan. Jadi pastikanlah kalian selalu mengisi baterai drone sampai penuh. Baca juga tips-tips lainnya tentang drone di Droneyuk.

Tinggalkan Balasan

Close Menu