Drone Terbaik; Cara Memilih dan Kisaran Harganya

Drone Terbaik; Cara Memilih dan Kisaran Harganya

Cara Memilih Drone Terbaik

Ketahui Cara Memilih Drone Terbaik- Hari ini dikalangan pecinta fotografi tentu tidak ada lagi yang tidak mengenal drone. Drone adalah sebuah teknologi berupa pesawat kecil yang digunakan untuk mengambil gambar ataupun video dari udara. Selain untuk keperluan fotografi dan videografi, tidak jarang orang-orang membeli maupun sewa drone murah hanya sekedar sebagai koleksi saja.

Dahulunya jika orang ingin mengambil gambar berupa foto dan video dari atas, maka fotografer dan videografernya harus berdiri di tempat yang tinggi. Bahkan demi hasil yang lebih baik, tidak jarang  gambar dan video tersebut diambil dengan menggunakan hellikopter. Sekarang segalanya sudah lebih praktis dan mudah dengan menggunakan drone. Karena kemudahan dan praktisnya pengambilan gambar dan video menggunakan drone tersebut, maka tinggi pula peminatnya. Para peminat drone berharap memiliki drone terbaik dengan kualitas yang bagus.

Demi mewujudkan keinginan orang-orang untuk mendapatkan drone, terlebih dahulu harus mengetahui cara memilihnya. Hal itu penting karena kualitas barang akan berefek pada kualitas hasil dari gambar dan video yang diambil. Berikut akan dijelaskan beberapa cara memilih drone yang terbaik.

Kenali Jenis-jenis Drone

Di pasaran terdapat banyak sekali jenis drone. Drone yang beredar tersebut mulai dari drone dengan ukuran kecil yang  dapat digunakan oleh pemula sampai drone berukuran  besar yang biasanya digunakan oleh para professional. Nah, berdasarkan cara yang pertama ini, dalam rangka memilih jenis drone terbaik dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan dari orang yang ingin memilikinya.

Untuk mendapatkan drone yang sesuai kebutuhan sebaiknya dalam hal ini calon pemilik drone harus melakukan riset terlebih dahulu. Artinya, calon pemilik drone harus benar-benar teliti dalam memilihnya. Hal tersebut dikarenakan juga oleh harga drone yang mahal. Terlebih setiap drone mempunyai fitur  dan fasilitas tertentu yang luar biasa. Jadi, sayang sekali jika salah dalam memilih sampai tidak sesuai dengan kebutuhan atau yang diinginkan.

Pahami Fitur Drone

Cara memilih drone terbaik berikutnya adalah memahami fitur drone. Merupakan lanjutan dari cara yang pertama, setelah calon pemilik drone mengetahui jenis-jenis drone, selanjutnya calon pemilik harus mengetahui fitur drone yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bagi pemula juga sangat disarankan untuk memilih drone yang mempunyai fitur auto landing dan auto take off. Hal ini sangat penting karena pengguna drone harus memahami cara menerbangkan dan mendaratkan drone yang dimilikinya tersebut. Dengan demikian, penggunanya nanti tidak bingung dalam mengoperasikan.

Di samping hal di atas, demi mendapatkan drone terbaik calon pemilik harus memeriksa kode drone yang akan dibeli. Hal demikian dilakukan juga untuk memudahkan calon pengguna dalam mengendalikan ataupun merakit drone. Misalnya, RTF atau ready to fly yang  dapat digunakan dan langsung diterbangkan setelah memasang baling-baling dan mengisi baterai. Adalagi BTF atau bird and fly yang sudah terpasang secara utuh namun pemilik harus membeli pengendali jarak jauh secara terpisah. Terakhir, ada ARF atau almost ready to fly. Yang satu ini harus dirangkai terlebih dahulu agar bisa diterbangkan.

Jangan Lupa Perhatikan Air Frame/ Body Drone

Sebelum memutuskan untuk membeli drone, calon pemiliknya harus mengetahui  bahwa tidak semua jenis drone tersebut dapat diterbangkan. Jenis-jenis drone dapat terbang dengan berbeda. Cara terbangnya disesuaikan dengan pengaturan yang  ada di komputer. Untuk itu, bagi pemula yang akan menggunakan drone, sangat disarankan agar memilih drone yang memiliki body yang tangguh namun ringan. Ini diperlukan untuk menghindari kerusakan parah yang dapat disebabkan oleh terjatuhnya drone sehingga menabrak sesuatu.

Dengan demikian,  jelas bahwa drone yang bagus dan mahal sekalipun belum tentu merupakan drone terbaik yang seharusnya digunakan oleh para pemula. Karena itu, pilihlah jenis drone yang kuat dan ringan agar tidak mudah pecah dan rusak. Artinya, pemilihan disesuaikan dengan kebutuhan.

Waktu Terbang atau Jangkauan Terbang Drone

Seperti halnya ukuran, tiap drone pun memiliki jangkauan dan waktu terbang yang  berbeda-beda. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk membeli drone, calon pemilik harus mengetahui kedua hal tersebut. Ini diperlukan agar calon pemilik drone tidak kecewa dengan waktu terbang yang tidak sesuai harapan.

Perlu diketahui bahwa jangkauan terbang drone adalah jarak antara remote control dengan drone yang diterbangkan oleh pilotnya. Jangkauannya pun sangat bervariasi. Ada jenis drone yang memiliki jangkauan 20 meter, ada pula yang jangkauannya jauh hingga berkilo-kilometer. Nah, demi mendapatkan jangkauan drone terbaik sesuai kebutuhan, maka calon pengguna harus memastikan dengan teliti.

Lama terbang dari drone yang dibutuhkan juga harus diperhatikan. Kapasitas baterai dari berbagai jenis drone juga  berbeda. Waktu terbang 15-30 menit dimiliki oleh drone dengan ukuran kecil. Waktu untuk mengisi baterai untuk jenis drone ini adalah sekitar 2-3 jam hingga terisi penuh. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena pemilik drone dapat membeli baterai cadangan. Namun, jika drone akan digunakan untuk bisnis, akan lebih baik jika membeli drone dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Perhatikan Bagian Baling-Baling dan Kualitas Kamera

Agar mendapatkan drone terbaik sesuai keinginan, calon pemilik drone harus memastikan bahwa baling-baling dan kualitas kameranya bagus. Calon pemilik dapat memilih baling-baling yang memiliki pelindung fleksibel sehingga tidak mudah rusak saat jatuh. Artinya, memilih baling-baling drone terbaik bagi pengguna drone pemula.

Selain itu, kualitas kamera juga harus diperhatikan. Seperti halnya beberapa cara di atas. Pemilihan drone disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, jika hanya memiliki dana yang terbatas dan juga merupakan pemula, maka cukup membeli drone dengan kualitas kamera yang standar. Jadi, dalam menggunakannya lebih aman dan sesuai kebutuhan.

Harga Drone

Hal penting lainnya yang harus diketahui dalam memilih drone terbaik adalah mengetahui harga drone. Harga tersebut dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki oleh calon pembeli. Jika drone tersebut hanya akan digunakan untuk keperluan biasa, maka drone itu bisa didapatkan dengan harga Rp. 500 ribuan. Apabila akan digunakan untuk keperluan bisnis, maka calon pemilik dapat mempertimbangkan kualitasnya. Kisaran harga drone ini mulai dari Rp. 500 ribuan hingga Rp. 44.000.000.

Demikian cara memilih drone untuk  berbagai kebutuhan. Calon pemilik drone dapat melakukan  berbagai  cara tersebut untuk mendapatkan drone terbaik. Calon pemilik drone dapat menjadikan cara-cara di atas sebagai panduan pemilihan.

Tinggalkan Balasan

Close Menu