Sejarah Drone yang Wajib Diketahui

Sejarah Drone yang Wajib Diketahui

Sejarah Drone yang Wajib Diketahui

Sejarah Drone yang Wajib Diketahui. Saat kamu menggunakan drone untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya mempertimbangkan kelengkapan fitur dan fungsi saat memilih drone. Namun, kamu juga harus mengetahui sejarahnya dari masa ke masa. Hal ini akan memperkaya ilmu pengetahuan kamu tentang kegunaan drone.

sejarah drone

Sejarah merupakan rekam jejak sebuah peristiwa yang ada di masa lampau. Dari sejarah ini, kamu juga bisa menemukan penemu teknologi drone dan tokoh yang menemukan drone. Sejarah drone sudah ada sebelum perang dunia I. Artinya, alat ini sudah digunakan oleh orang-orang untuk memantau kegiatan penting.

Berikut adalah beberapa sejarah drone yang wajib kamu ketahui. Sejarah ini juga akan membantu kamu membagi ilmu pengetahuan kepada para pemula pengguna drone. Bahkan, kamu bisa memiliki ide untuk membuka kelas drone yang diisi oleh berbagai teori. Salah satunya berupa sejarah ditemukannya drone.

Sejarah Awal Drone

Sejarah awal mula penggunaan dan pengembangan teknologi muncul sejak abad 19. Drone muncul pertama kali di tanggal 22 Agustus 1849. Saat itu sedang terjadi pertempuran Austria dengan Venesia, Italia. Namun, Austria berhasil menguasai wilayah Italia. Keberhasilan tersebut membuat Austria meluncurkan ratusan balon dari kapal Austria Vulcano.

Pada akhirnya balon-balon tersebut berhasil mengenai target lawan. Tapi, ada beberapa yang melesat karena tertiup angin. Balon-balon tersebut meledak di perbatasan Austria dan Italia. Hal tersebut membuat pihak Austria menelan kekecewaan. Dari peristiwa tersebut, sejarah drone pun dimulai dengan tokoh penemu yang berasal dari Amerika.

Nama Tokoh Penemu

Setelah pertempuran di atas, pada tanggal 8 November 1898 seorang ilmuwan bernama Nicolas Tesla memiliki ide membuat teknologi mata-mata yang canggih. Nicolas Tesla berasal dari Amerika merupakan keturunan Serbia. Nicolas mulai menemukan remot kontrol dan mematenkannya. Alat tersebut merupakan ilmu dasar robotik kontemporer.

Atas penemuannya, Nicolas membuat kapal dan balon yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Namun, sejarah drone yang ada pada saat ini sudah melalui proses perancangan dalam waktu yang sangat lama. Kamu bisa mempelajari sejarah ini untuk mengetahui fungsi dan fitur drone pada masa lampau. Jadi, mempelajari awal mula drone wajib kamu ketahui.

Masa Perang Dunia

Pada tahun 1916, ilmuwan yang berasal dari Amerika membuat konsep pesawat tanpa awak. Pesawat tersebut diberi nama Aerial Target. Saat alat tersebut sudah dalam kondisi baik, namun tidak dioperasikan. Akhirnya, dalam kurun waktu yang cukup lama pesawat tersebut diberi nama Hewitt-Sperry Automatic Airpane.

Setelah diberi nama yang baru, pesawat drone selesai diproduksi. Sejarah drone untuk pertama kalinya terbang dengan membawa misi bom dalam perang dunia I. Misi tersebut berhasil membantu orang-orang mengalahkan musuh. Pada masa perang dunia I, fitur drone belum begitu banyak digunakan.

Konsep Drone Tahun 1917

Pada tahun 1917, pesawat tanpa awak sudah menemukan konsep Unmanned Aerial Vehicle. Konsep ini bisa dikontrol dari jarak jauh. Fungsi dari alat ini sebatas meluncurkan terpesona udara yang dikendalikan menggunakan giroskop. Dalam perjalanannya, hewitt-sperry automatic airplane diambil alih oleh militer angkatan darat AS.

Sejarah drone pada tahun 1917, akhirnya dikembangkan sebagai mesin terpedo udara milik militer Amerika. Tahun 1918, karena penambahan fitur baru untuk lebih memudahkan kebutuhan militer, drone memiliki nama baru yaitu bugg kettering.

Pengembangan Baru

Pada tahun 1931, perkembangan pesawat drone juga dikembangkan oleh Inggris yang diberi nama fairey queen. Pada tahun 1935 Inggris juga mengembangkan drone jenis baru yaitu DH.82B queen bee. Dari pengembangan baru oleh Inggris, ditemukan nama “Drone”.

Sejarah drone yang dikembangkan oleh Inggris masih dalam era perang dunia I. Pada saat itu, drone masih menjadi kebutuhan militer dan peperangan. Pada era perang dunia II, drone justru berfungsi untuk latihan para tentara untuk menembak lawan. Pada masa ini, militer Jerman dari Nazi juga memanfaatkan drone untuk senjata udara UAV.

Era Modern

Pada tahun 1959 angkatan udara AS khawatir kehilangan pilot. Akhirnya membuat rencana penerbangan tanpa awak. Sedangkan pada tahun 1960, Soviet berhasil menembak pesawat mata-mata milik AS U-2. Pada tahun yang sama, program UAV diluncurkan menggunakan kode red wagon oleh AS. Program ini digunakan selama 2 hari saja, yaitu pada tanggal 2-4 Agustus.

Pada tahun 1964 terjadi bentrokan di Teluk Tonkin. Pertempuran tersebut antara AS dan angkatan laut Vietnam Utara. Sejarah drone tahun 1973, militer AS secara resmi mengkonfirmasi telah menggunakan teknologi UAV di Vietnam. Secara resmi pula, selama orang, 3.435 lebih misi UAV diterbangkan, namun 554 hilang.

Perang Yom Kipur

Pada tahun 1973 terjadi perang Yom Kipur. Di mana Israel mengembangkan UAV pertama dengan real-time surveilans. Fitur tersebut mampu merusak rudal permukaan udara milik Soviet yang digunakan Mesir dan Suriah. Pada awal tahun 1982, Israel menggunakan UAV yang memiliki fitur gambar dan radar docoying menetralisir pertahan udara Suriah.

Pada tahun 1987 Israel juga mengembangkan UAV berbasis siluman. Untuk pertama kali pada UAV jet memiliki fitur dorong tiga dimensi vectoring control. Sejarah drone pada tahun 1980 dan tahun 1990 berkembang pesat. Drone ini juga digunakan pada tahun 1991 untuk perang Teluk Persia. Namun, semakin ke depan, drone memiliki banyak fungsi dan berbagai macam fitur.

Itulah sejarah drone yang wajib kamu ketahui. Karena fungsi dari drone bisa membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan praktis dan cepat, ada baiknya kamu mulai sewa drone murah. Khususnya, perkembangan drone yang ternyata memiliki teknologi UAV. Teknologi yang awalnya digunakan oleh militer untuk misi pertempuran dan alat mata-mata.

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu